SMSI dan BARA JP Way Kanan dukung Pemda tertibkan Tambang Emas Ilegal yang meresahkan.

Way Kanan.natajayanews

Adanya acara Hearing dan Fokus Grup Discussion tentang prihal aktivitas penambang emas ilegal di Kabupaten Way Kanan yang akan diadakan hari Selasa tanggal 20 Juni 2023 di gedung Pusiban , yang diprakarsai oleh Sekdakab Way Kanan.

Acara Haering ini mengundang semua unsur dari Bupati , Ketua DPRD ,Kepolisian ,Dandim 0427, Kepala Dinas Terkait , LSM WALHi , Camat sampai kepala dusun masing-masing yang menpunyai lokasi penambangangan .

Berkaitan dengan acara Hearing ini SMSI dan Bara JP Way Kanan tetap mendukung Pemda tegas melarang beraktivitas tambang liar melanggar UU Migas dan merusak lingkungan .

Hal ini di ungkap ketua.SMSI Yoni Aliestiadi .SH. dan Ketua Bara JP dan sekretaris Darlin Way Kanan minta agar pertambangan emas liar dibumi ramik ragom tetap dilarang .

” Selain merusak lingkungan , penambangan emas liar ini juga rawat gesekan yang dilakukan oleh oknum – oknum beking tambang di lapangan .” Tambah Rahmat .

” Kami siap mengawal bersama LBH SMSI Provinsi Lampung apabila ada celah membolehkan penambangan emas liar dilakukan di Kabupaten Way Kanan.” Tegas Ketua SMSI Way Kanan.

Tegas dilarang sesuai UU Migas kok masih mau dibawa ke jalur Hearing dan discusi , dilarang menurut UU Migas ya tangkap penambang emas ilegal dan beking nya .” Tambah Sekretaris Brara JP Darlin.

SMSI dan Bara JP Way Kanan saat ini masih mendata tambang emas mana saja yang masih beroperasional , dan melaporkan kepada Kapolres Way Kanan apabila tidak dilakukan penindakan tentang SMSI akan melaporkan langsung kepada Kapolri.

Kegiatan penambangan liar ini jelas melanggar UU Migas Penambangan ini telah melanggar Pertambangan Tanpa Izin (PETI) melanggar Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Pada pasal 158 UU tersebut, disebutkan bahwa orang yang melakukan penambangan tanpa izin dipidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100.000.000.000. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *