Bimbingan Manasik Haji Bagi CJH Tingkat Kabupaten Way Kanan 1444 H/2023 M Digelar

Bimbingan Manasik Haji Bagi CJH Tingkat Kabupaten Way Kanan 1444 H/2023 M Digelar

Way Kanan-Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab, Selan, S.Sos.,M.IP menghadiri dan membuka Kegiatan Program Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Way Kanan 1444 H/2023 di Masjid Agung Ashabul Yamin KM. 02 Blambangan Umpu, Kamis (11/05/2023).

Menyampaikan sambutan Bupati Way Kanan, dikatakan bahwa bagi masyarakat yang dimudahkan Allah SWT untuk bisa menunaikan Ibadah Haji tahun ini untuk dapat menggunakan kesempatan dengan baik, karena disamping harus memiliki keikhlasan juga harus memiliki ilmu yang cukup untuk menjalankan Ibadah Haji sesuai dengan tuntunan Nabi Shallallahu’alaihi Wassalam. Kegiatan Manasik untuk para calon jamaah haji bukan sekedar pengetahuan untuk beribadah haji saja, namun juga memberikan bekal untuk dipraktekkan di tanah suci. Untuk itu diharapkan dengan manasik ini para calon jamaah haji dapat saling mengenal satu dengan yang lain.

“Saya berperan kepada Bapak Ibu peserta pelatihan manasik haji atau para calon haji untuk segera mempersiapkan diri mulai dari saat ini, baik mental maupun rohani, membersihkan hati, dan yang tak kalah pentingnya adalah senantiasa menjaga kesehatan”, ujar Selan.

Selain itu, disampaikan pula atas nama Bupati dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Kementerian Agama Kabupaten Way Kanan dan semua pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Mengingat kegiatan ini guna memberikan wawasan, pengetahuan serta sikap perilaku dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar, sehingga nantinya dalam melaksanakan ibadah di tanah suci dapat berjalan lancar, sehat dan menjadi haji dan mabrur”, tutup Selan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kemenag Way Kanan menyampaikan bahwa Bimbingan Manasik Haji bagi Calon Jamaah Haji Reguler kabupaten Way Kanan diikuti oleh 204 orang CJH terdiri dari 176 CJH Reguler dan 28 CJH Cadangan. Dan pada saat ini sampaikan tanggal 12 Mei 2023 ada 19 CJH Way Kanan yang diberikan kesempatan untuk melakukan pelunasan BIPJH untuk kuota CJH Cadangan ke-2, namun mereka belum bisa mengikuti kegiatan Bimbingan Masik Haji saat ini. Adapun CJH Way Kanan Tahun 2023 yang paling tua atas nama Basunik Zaelani Abdullah dari Kecamatan Rebang Tangkas dengan usia 95 Tahun dan CJH Way Kanan termuda atas nama Muhammad Alif Sultan bin Bahtiar usia 18 tahun dari Kecamatan Gunung Labuhan.

“Bimbingan Manasik Haji bagi CJH Reguler Tingkat Kabupaten Way Kanan akan dilaksanakan 2 kali pertemuan, yaitu hari pertama hari ini dan hari kedua pada Senin tanggal 22 Mei 2023 mendatang. Dengan pelaksanaan Manasik Haji kedua nanti akan dibagikan 1 Set Koper CJH, juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan akan dilakukan Vaksin Meningitis dan Influinca. Selain itu CJH juga akan mendapatkan bimbingan Manasik Haji di Tingkat Kecamatan sebanyak 8 kali pertemuan dari tanggal 15 Mei mendatang”, ujar Kakan Kemenag.

Disampaikan pula bahwa tujuan dari kegiatan Bimbingan Manasik Haji bagi CJH Reguler yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan kemandirian bagi CJH Reguler dalam melaksanakan Ibadah Haji Tahun 1444 H/2023 m.

“Semoga dengan bekal yang diperoleh dari kegiatan ini, CJH Way Kanan akan dapat melaksanakan Ibadah Haji dengan baik, maksimal, dan sempurna sehingga kelak CJH Way Kanan akan dapat dan mencapai haji yang mabrur dan mabrurah”, tutup Kakan Kemenag.(**/Fik)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *